Skip to main content

PERJUANGAN MELAWAN PENGGUSURAN; Antara Penggusuran dan Kebijakan Developmentalisme

Tahun 2015 hingga tahun 2016 telah terjadi peningkatan kasus penggusuran di Indonesia. Kebanyakan penggusuran dilakukan atas nama ketertiban kota, revitalisasi sungai, hingga pembangunan infrastruktur seperti bandara dan apartemen. Penggusuran juga dilakukan dengan berbagai alasan dan biasanya alasan pemerintah dan korporasi yang paling sering muncul ialah karena warga yang bermukim di wilayah penggusuran tersebut terindikasi ilegal. Apakah atas nama administrasi, rakyat harus kehilangan aset-asetnya? Penggusuran kini menjadi sebuah senjata untuk menegakkan Neoliberalisme.
Dari realitas yang ada, Jawa dan Bali memasuki era Kapitalisme tata ruang dimana antara rakyat dan korporasi berebut wilayah tata ruang. Dimulai dari kasus Pegunungan Kendeng, pembangunan Bandara Kulonprogo, Proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung, hingga pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat. Dampak dari pembangunan infrastruktur tersebut ternyata tidak kecil. Rakyat dan lingkungan menjadi dua entitas yang paling dirugikan dari kebijakan politik tata ruang. Dampak terbesar yang akan dialami oleh rakyat ialah hilangnya ruang untuk hidup dan bekerja serta proletarisasi. Konsep proletarisasi adalah suatu keniscayaan dalam masyarakat Kapitalisme dimana rakyat pada akhirnya terpaksa menjadi buruh untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kehilangan aset berupa tanah dan usaha kecil menengah menjadi sebab-sebab mengapa pada akhirnya petani, nelayan, dan pengusaha kecil menjadi buruh. Bahkan para pakar teknologi lingkungan mengakui terang-terangan perihal proletarisasi. Misalnya pernyataan dari Dr. Ir. Firdaus Ali, M.Sc yang mengatakan bahwa reklamasi Teluk Jakarta memang akan membawa kerusakan pada lingkungan, namun sifatnya temporal. Selain itu, Firdaus Ali juga mengatakan bahwa nelayan yang terkena dampak reklamasi akan diprioritaskan untuk beralih profesi menjadi karyawan disana[1].
Keterangan Firdaus Ali tersebut menjadi contoh bahwa penggusuran sejatinya membawa rakyat kepada proletarisasi. Namun pada akhirnya proletarisasi akan membawa masalah baru, contohnya ialah masalah upah dan pensiun yang dampaknya nanti akan sampai kepada kesejahteraan buruh. Terlepas dari itu semua, penggusuran pada akhirnya berimplikasi kepada keberpihakan pemerintah terhadap korporasi yang ingin mengembangkan kapitalnya dengan meluaskan tata ruang di kota-kota. Di desa-desa, penggusuran akan menyebabkan petani kehilangan sawah dan rumahnya sehingga sebagian besar dari mereka nantinya terpaksa melakukan urbanisasi sebagai konsekuensi atas proletarisasi. Maka dari itu, kita mesti mengetahui secara ringkas bagaimana pembangunan infrastruktur bekerja dan apa pengaruhnya kepada rakyat.

Penggusuran dan Kepentingan Korporasi
26 Juli 2016 merupakan hari yang sangat kelam bagi ratusan warga di Jalan Stasiun Barat, Kota Bandung karena di hari itu, kios dan tempat tinggal mereka digusur secara paksa oleh PT.KAI Daerah Operasi 2 Bandung. Menurut Humas PT. KAI Daerah Operasi 2, Franoto Wibowo mengatakan bahwa penggusuran ini dilakukan karena warga menempati lahan PT. KAI secara illegal[2]. Namun, dalam penelusuran kami bersama para mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Solidaritas Rakyat untuk Demokrasi (SORAK) menemukan data bahwa warga bahkan sudah menempati lahan tersebut sejak abad 19 awal. Banyak suratkabar juga menyebutkan bahwa lahan tersebut milik PT. KAI, padahal lahan tersebut milik negara. Pendapat ini kontras dengan pendapat para pejabat PT. KAI yang berkata bahwa warga telah tinggal sejak 1971[3]. Rencananya PT. KAI akan menggunakan lahan yang digusur tersebut untuk pelebaran jalan dan memperluas area parkir. Menurut Ridwan Kamil dalam twitternya menyebutkan bahwa warga yang tergusur sudah ditempatkan di Rusunawa Rancacili dengan ‘baik’ dan ‘layak’[4]. Padahal sepanjang penelusuran SORAK ke Rusunawa Rancacili tidak menemukan hunian layak di dalamnya. Bahkan, warga harus menyewa hunian susun tersebut per bulan. Munculnya pendapat-pendapat yang berbeda di suratkabar nasional membuktikan bahwa PT. KAI telah berbohong. Bahkan Komite Rakyat Korban Penggusuran Stasiun Bandung, Pak Rosyid mengatakan bahwa PT. KAI telah salah gusur karena yang seharusnya digusur ialah wilayah timur Stasiun Bandung.
Berbeda kasus dengan penggusuran di wilayah barat Stasiun Bandung, dengan dalih pembangunan sebuah bandara internasional, PT. BIJB (Bandara Internasional Jawa Barat) melakukan pengukuran lahan di sawah-sawah milik warga Desa Sukamulya, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka. Sekitar pukul 08.00WIB, 17 November 2016 sekompi polisi dari Polda Jabar datang untuk mengawal pengukuran. Karena hal tersebut, warga melakukan reaksi dengan menduduki lahan yang akan diukur oleh PT. BIJB tersebut[5]. Desa Sukamulya yang memiliki luas 735 hektar menjadi salah satu area dari kawasan BIJB yang totalnya 1800 hektar[6]. Sedangkan menurut Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) menyebutkan bahwa kawasan BIJB seluas 5000 hektar dan kawasan tersebut terdiri atas 11 wilayah desa di Majalengka[7]. Menurut KPA, kasus ini pertama kali muncul tahun 2004, ketika secara sepihak 11 kepala desa menandatangani surat pernyataan yang menyatakan bahwa warga dari 11 desa tersebut mendukung pembangunan BIJB. Surat tersebut ditandatangani pada 14 Oktober 2004. Padahal realitas menyebutkan bahwa hanya ada 300 KK dari 1305 KK dari ke 11 desa tersebut yang mendukung pembangunan BIJB, sementara mayoritas warga desa menolak. Parahnya, dalam pembuatan AMDAL pembangunan BIJB dinyatakan bahwa lahan Desa Sukamulya adalah lahan tandus yang hanya bisa panen sekali dalam satu tahun dengan produksi gabah kering sebanyak 6 kwintal per hektar. Padahal data dari Dinas Pertanian Kabupaten Majalengka tahun 2005 dan BPS Kabupaten Majalengka menyebutkan bahwa Desa Sukamulya bisa memproduksi gabah kering sebanyak 52, 35 kwintal per hektar[8].
Kedua kasus tersebut memiliki kesamaan sifat, salah satunya ialah lahan dan aset milik warga digusur untuk kepentingan pembangunan, sifat lainnya ialah bahwa dalam kedua kasus tersebut menunjukkan bahwa warga digusur atau akan digusur oleh korporasi. Namun, ketika korporasi menggusur lahan milik warga, pemerintah yang seharusnya sebagai perpanjangan tangan warga malah memihak kepada korporasi. Keberpihakan negara kepada korporasi sangat membuktikan bahwa pemerintahan sejatinya merupakan alat bagi kaum borjuasi untuk menindas rakyatnya. Lenin mengatakan bahwa kaum borjuasi membutuhkan negara sebagai organ kekuasaan kelas yang dapat menciptakan tata tertib yang melegalkan dan mengekalkan penindasan terhadap kelas tertindas dengan memoderasikan bentrokan antar kelas.

Penggusuran dan Developmentalisme
Pada hakikatnya, pembangunan infrastruktur dilaksanakan oleh negara dengan maksud untuk kepentingan rakyat. Pembangunan infrastruktur dilaksanakan sebagai konsekuensi atas kebutuhan-kebutuhan dari rakyat seperti pembangunan stasiun kereta api dan bandara sebagai sarana untuk transportasi massal atau bahkan pembangunan perumahan sebagai hunian untuk rakyat. Namun, pada kenyataannya, pembangunan infrastruktur bukan lagi ditujukan untuk kepentingan rakyat. Negara pada saat ini sebagai alat borjuasi pada akhirnya melakukan banyak pembangunan infrastruktur untuk mendukung kegiatan para borjuasi. Bagaimana ini bisa terjadi? Engels dalam karyanya Asal-usul Keluarga menyebutkan bahwa dalam sebuah republik demokratis, borjuasi menggunakan kekuasaannya secara tidak langsung tetapi justru lebih pasti, pertama dengan jalan menyuap langsung para pejabat, dan; kedua dengan jalan persekutuan antara pemerintah dengan bursa atau korporasi[9]. Dari keterangan tersebut kita bisa mengambil satu pernyataan bahwa dalam pembangunan infrastruktur, borjuasi menggunakan kekuasaan negara secara tidak langsung. Negara pada akhirnya membuat suatu undang-undang pembangunan infrastruktur yang kesannya berpihak kepada rakyat, namun nyatanya tidak sama sekali. Itulah mengapa Walhi menyebutkan bahwa pembangunan BIJB akan menguntungkan developer. Direktur Eksekutif Nasional Walhi, Nur Hidayati menyebutkan bahwa dampak pembangunan infrastruktur sangat besar, pertama, menumpuknya utang-utang luar negeri yang nantinya akan ditanggung oleh generasi selanjutnya; kedua, pembangunan infrastruktur nantinya akan berdampak buruk terhadap lingkungan dan masyarakat[10].
Kebijakan pembangunan infrastruktur terkait dengan pembangunan nasional yang digulirkan oleh negara sejak Neoliberalisme masuk ke Indonesia pada era Soeharto. UU Penanaman Modal Asing tahun 1967 menjadi pintu awal terbentuknya kebijakan pembangunan nasional. Kebijakan pembangunan nasional tersebut bisa kita sebut sebagai Developmentalisme. Sebagai sebuah teori pembangunan, Developmentalisme adalah suatu bentuk pembangunan ekonomi untuk menghapus kemiskinan. Menurut Dawam Raharjo, Developmentarisme digambarkan sebagai suatu kemistri ideologis antara kepentingan negara-negara industri maju dengan kepentingan elit politik negara-negara dunia ketiga. Teori Developmentalisme berkembang dari doktrin Four Points Program yang dilancarkan oleh Presiden AS, Harry S. Truman pada 1949. Salah satu poin dalam Four Points Program adalah pemulihan ekonomi akibat kerusakan Eropa dari Perang Dunia II. Developmentalisme merupakan kelanjutan program pemulihan ekonomi dunia ketiga. Tujuan utama Developmentalisme pada saat itu ialah untuk membendung pengaruh Komunisme dengan menuntaskan sumber dari penyebaran komunisme – yaitu kemiskinan[11].
Developmentalisme sebagai teori pembangunan ekonomi dunia ketiga akhirnya menemukan kegagalannya. Dalam konteks Indonesia, sejak Developmentalisme dilaksanakan oleh Soeharto melalui Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita), pemerintah Indonesia terpaksa meminjam modal kepada IMF dan memberlakukan penanaman modal asing. Dalam usaha Repelita tersebut, Indonesia hanya berhasil mencapai GNP US 1.100 dollar pada 2004. Dalam proses mencapai nilai tersebut, Indonesia harus rela kehilangan banyak asetnya untuk dijual kepada modal borjuasi. Tahun 1997, nilai rupiah jatuh 500% hingga ke nilai Rp 10.000/dolar. Akibat jatuhnya nilai rupiah tersebut, utang pemerintah kepada IMF membengkak hingga 500% yang artinya sebelum krisis 6 sampai 7 tahun lalu (sebelum 1997-1998), pemerintah meminjam 200 juta dolar dengan kurs Rp 2.000/dolar maka saat jatuh tempo mereka harus membayar 5 kali lipatnya[12]. Kebijakan Developmentalisme yang mengarah kepada pembukaan pasar Neoliberalisme pada akhirnya mengakibatkan Indonesia jatuh dalam perangkap IMF dan kepentingan borjuasi. Hal ini membuktikan bahwa dalam jangka panjang, Developmentalisme dapat menghancurkan sendi-sendi kehidupan ekonomi rakyat.

Lalu apa kaitannya Developmentalisme dengan penggusuran?
Pada dasarnya, hampir semua kasus penggusuran di Indonesia terjadi karena adanya kepentingan Developmentalisme. Bentuk kepentingan tersebut sangat terlihat jelas dengan adanya pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan oleh korporasi untuk kepentingan korporasi jua. Contohnya dalam kasus-kasus penggusuran di DKI Jakarta pada era kepemimpinan Ahok. Gubernur DKI Jakarta tersebut bahkan menyatakan bahwa tahun ini akan dilakukan 325 kali penggusuran. Jumlah tersebut bahkan dua kali lipat dari tahun sebelumnya – yaitu 2015 – dimana pemerintah DKI Jakarta telah menggusur 113 titik lokasi[13]. Alasan pemerintah menyebutkan bahwa penggusuran dilakukan untuk penertiban kawasan liar, revitalisasi sungai, hingga penertiban Pedagang Kaki Lima atau PKL. Alasan-alasan tersebut sebenarnya merupakan alasan semu yang dapat menutupi dari alasan yang sebenarnya, yaitu untuk mendukung pembangunan infrastruktur untuk kepentingan borjuasi. Kita bisa melihat bahwa pada hakikatnya revitalisasi sungai – selain untuk mencegah banjir di wilayah Jakarta Utara – untuk menunjang kenyamanan apartemen-apartemen yang terletak di kawasan Pantai Teluk Jakarta. Selain itu, adanya wacana reklamasi Teluk Jakarta juga dilakukan untuk mendukung pembangunan apartemen dan kawasan bisnis milik Agung Podomoro Group[14]. Reklamasi tersebut pada akhirnya merugikan para nelayan. Nelayan pada akhirnya harus rela digusur dan dipindahkan ke Rusunawa. Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Pandjaitan menyebutkan bahwa pemerintah akan menyediakan Rusunawa bagi 12.000 nelayan. Selain ada wacana penggusuran dan pemindahan pemukiman ke Rusunawa, nelayan juga dirugikan pendapatannya. Salah seorang perwakilan nelayan Muara Angke, Muhammad Hisyam menyebutkan bahwa pendapatannya sebelum reklamasi mencapai 30 kg per hari, kini telah turun hingga 15 kg per hari[15].
Contoh kasus tersebut telah membuktikan bahwa dalam pelaksanaannya, kebijakan Developmentalisme pada akhirnya harus mengorbankan aset dan lahan milik rakyat untuk kepentingan borjuasi. Hal tersebut juga menjadi kritik bagi para pegiat Developmentalisme seperti para mafia Berkeley yang menyatakan bahwa Developmentalisme menjadi solusi terbaik untuk menuntaskan kemiskinan di Indonesia. Namun, karena Indonesia merupakan negara dunia ketiga yang sudah terjebak dalam sirkulasi Neoliberalisme, maka pemerintah – mau tidak mau – sebagai agen imperialis tetap melanjutkan kebijakan Developmentalisme hingga kini. Wacana-wacana seperti educopolis (seperti kota Yogyakarta), waterfront city (seperti DKI Jakarta), dan ecocity (seperti kota Bandung) adalah wacana-wacana busuk yang diselubungi harapan-harapan indah akan ketertiban dan kenyamanan kota. Pada kenyataannya, wacana busuk tersebut mengakibatkan rakyat miskin kota tergusur dan tersingkir hingga ke pinggir kota. Rakyat miskin kota yang bertahan dalam rimba kota pada akhirnya akan menjadi kaum-kaum pengangguran dan pengemis baru yang nantinya akan dianggap mengganggu keindahan kota. Inilah konsekuensi dari Developmentalisme!

Ayo Lawan Penggusuran!
Penggusuran sejatinya harus dilawan! Ketika rakyat tidak melawan, maka pemerintah dan korporasi akan semakin menjadi-jadi dan menjadikan rakyat sebagai buruh-buruh murah yang akan melaksanakan proyek-proyek mereka. Kalau sudah begitu, maka dampak ekonomi penggusuran nantinya juga akan mempengaruhi kondisi psikologis dan kebudayaan. Anak-anak yang terdampak penggusuran nantinya akan mengalami trauma sehingga akan mengganggu kehidupan mereka. Selain itu mereka juga akan kesulitan menempuh jarak sekolah yang sebelumnya dekat menjadi jauh. Para orang tua akan kesulitan mencari kerja baru atau memulai usaha baru karena ketiadaan modal atau modal hanya sedikit. Biasanya rakyat yang sudah tinggal dalam rusunawa akan kesulitan dalam membayar uang sewa huniannya. Dalam kasus penggusuran Stasiun Bandung misalnya, warga yang sudah tinggal di Rusunawa Rancacili digratiskan 3 bulan uang sewa hunian. Namun pada kenyataannya, mereka tetap saja harus membayar uang listrik dan air yang jumlah mencapai 100 ribu rupiah lebih. Sedangkan, mereka masih belum mempunyai usaha baru karena bantuan dari pemerintah nonsens untuk ditunggu-tunggu.

Bagaimana cara melawan penggusuran?
Teknik perlawanan bukanlah suatu ilmu ilmiah atau dogma yang harus diikuti, namun teknik perlawanan ialah teknik yang harus bergerak secara dialektis dengan mengikuti pola kebudayaan dan corak produksi rakyatnya. Jika teknik melawan diikuti secara dogmatis, bukan berarti kesalahan-kesalahan seperti kesalahan Stalinis akan terulang lagi. Misalnya kesalahan membangun Front Persatuan dengan borjuasi nasional, kebijakan Stalinis yang demikian akan mengaburkan perjuangan kelas sehingga yang terjadi ialah adanya pengkhianatan borjuasi nasional seperti yang terjadi dalam tubuh aliansi nasional China di tahun 1927, dimana kader Partai Kuomintang (Partai Komunis China) dibantai oleh partai yang berkuasa (yaitu Kunchantang: Partai Nasionalis China). Dari pelajaran-pelajaran tersebut, kita seharusnya tidak boleh lagi terjebak dalam dogma-dogma yang menyebabkan kita salah langkah.
Dalam hal ini kita juga harus memerhatikan teknik perlawanan dalam penggusuran. Contoh kasusnya ialah penggusuran Stasiun Bandung, dimana rakyat korban penggusuran akhirnya mengorganisir diri dan membentuk komite perjuangan yang bernama Komite Perjuangan Rakyat Korban Penggusuran Kebon Jeruk yang bekerjasama dengan Solidaritas Rakyat untuk Demokrasi (SORAK) dalam perjuangan melalui jalur litigasi maupun non-litigasi. Dalam jalur litigasi, SORAK (dalam hal ini Rumah Dialektika sebagai sebuah komunitas kuasa hukum) mengadvokasi rakyat Kebon Jeruk yang melawan dalam menuntut ganti rugi penggusuran kepada PT. KAI dan Pemerintah Kota Bandung. Sedangkan dalam jalur non-litigasi, Komite Rakyat Korban Penggusuran Kebon Jeruk bersama rakyat korban penggusuran Kebon Waru dan juga SORAK (dalam hal ini Aliansi Mahasiswa Papua, Pembebasan, dan MarxistYouth Commune) mengorganisir diri dalam satu barisan melawan PT. KAI dan Pemerintah Kota Bandung dengan aksi massa.
Dalam kasus-kasus lain, kita juga akan menemukan pola yang sama, dimana warga korban penggusuran harus membentuk satu komite perlawanan yang akan bekerja sama dengan elemen lainnya seperti mahasiswa dan buruh membentuk satu barisan melawan kaum yang menggusur: korporat dan pemerintah. Dalam pengorganisasian rakyat, para pengorganisir harus hidup bersama korban penggusuran untuk melakukan pendekatan hingga bergabung bersama rakyat dalam perjuangan merebut hak-hak hidupnya. Jo Hann Tan dan Roem Topatimasang pernah berkata bahwa satu kunci keberhasilan proses pengorganisasian rakyat adalah memfasilitasi mereka sampai akhirnya mereka dapat memiliki suatu pandangan dan pemahaman bersama mengenai keadaan dan masalah yang mereka hadapi.
Walaupun kita menjadi seorang pengorganisir rakyat, namun tetap saja tanggung jawab perlawanan ada di rakyat. Maka dari itu, tugas-tugas seorang pengorganisir rakyat salah satunya ialah mendorong rakyat agar mau melawan dan mengorganisir diri. Selebihnya, dalam perjuangan merebut aset-aset kehidupan rakyat, kita hanya berfungsi sebagai fasilitator atau bahkan hanya sebagai pembantu perjuangan saja. Dalam kata kasarnya, kita hanyalah sekumpulan orang yang bekerjasama dengan rakyat dalam melakukan perjuangan melawan Developmentalisme. Dalam hal ini, rakyat korban penggusuran harusnya sudah mengorganisir diri sebelum penggusuran tersebut terjadi. Kesiapan-kesiapan rakyat dan pengalaman-pengalaman sejarah yang ada pada akhirnya akan menjadi salah satu alat perjuangan juga.
Biasanya perjuangan melawan penggusuran bukanlah suatu perjuangan yang singkat, perjuangan tersebut pastinya akan menempuh proses yang panjang. Maka dari itu, kita harus memiliki kesabaran dan keteguhan yang revolusioner dalam perjuangan. Disiplin kerja juga harus kita terapkan karena hal tersebut menjadi kunci keberhasilan dalam perjuangan. Contohnya ialah militansi rakyat Pegunungan Kendeng dalam melawan 12 pabrik semen yang ingin mengeruk kekayaan Karst disana tetap bertahan karena adalah kesabaran dan keteguhan yang revolusioner dan juga disiplin kerja yang mantap.
Dengan teknik-teknik yang demikian, bukan berarti harus diikuti secara dogmatik. Namun, kita juga perlu mengawinkan gagasan tersebut dengan realitas objektif yang tergambar di wilayah penggusuran. Kita harus mampu berbaur dengan rakyat korban penggusuran dan dengan berarti kita tidak boleh putus dari massa. Jika kita putus dari garis massa, maka alhasil kita akan melakukan perjuangan yang sia-sia, dimana rakyat menjadi tidak terorganisir dan kita tidak mengetahui bagaimana realitas yang ada dalam tubuh rakyat. Perjuangan tersebut pada akhirnya menjadi perjuangan semu belaka.



[1] “Alasan Reklamasi Merusak Lingkungan Tak Berdasar”, dimuat dalam Berita Satu, 10 Agustus 2016.
http://www.beritasatu.com/megapolitan/379047-alasan-reklamasi-merusak-lingkungan-tak-berdasar.html
[2] “KAI Bongkar Bangunan Ilegal di Stasiun Bandung”, dimuat dalam Republika, 27 Juli 2016.
http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/daerah/16/07/26/oawrn3330-kai-bongkar-bangunan-ilegal-di-stasiun-bandung.
[3] Wawancara Humas PT. KAI, Franoto Wibowo kepada wartawan Republika. Pendapat Franoto tersebut dinilai tak berdasar karena warga mempunyai bukti-bukti yang kuat bahwa mereka telah tinggal sejak 1946, bahkan ada warga yang mengatakan sejak 1928 atau telah turun temurun ada disana. Data-data yang dimliki warga untuk membuktikan hal tersebut adalah adanya PBB, KTP, dan aset turun temurun yang telah dirusak oleh 3 alat berat yang dikerahkan PT. KAI untuk menggusur wilayah tersebut.
[4] “17 KK Korban Penggusuran Stasiun Bandung Tinggal di Bedeng”, dimuat dalam Liputan 6, 17 Agustus 2016.
http://regional.liputan6.com/read/2579357/17-kk-korban-penggusuran-stasiun-bandung-tinggal-di-bedeng.
[5] “Ribuan Warga Sukamulya Duduki Lahan Tolak Pengukuran BIJB”, dimuat dalam Pikiran Rakyat, 17 November 2016.
http://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/2016/11/17/ribuan-warga-sukamulya-duduki-lahan-tolak-pengukuran-bijb-385044
[6] “Detik-detik Ribuan Aparat Serbu Petani Majalengka”, dimuat dalam CNN Indonesia, 18 November 2016.
http://www.cnnindonesia.com/nasional/20161118085655-20-173482/detik-detik-ribuan-aparat-serbu-petani-majalengka/
[7] “Warga Sukamulya Menolak Pembangunan BIJB”, dimuat dalam situs KPA.
http://www.kpa.or.id/news/blog/warga-sukamulya-menolak-pembangunan-bjib/
[8] Ibid.
[9] Kutipan Engels yang diambil dari karya Lenin, Negara dan Revolusi.
[10] “Walhi Sebut Pembangunan Infrastruktur Era Jokowi Mirip Soeharto”, dimuat dalam Kompas, 20 November 2016.
http://nasional.kompas.com/read/2016/11/20/17253011/walhi.sebut.pembangunan.infrastruktur.era.jokowi.mirip.soeharto.
[11] “Developmentalisme”, oleh Dawam Raharjo. Dimuat dalam Infid News, 2 Juni 2009.
http://infid-news.blogspot.co.id/2009/06/developmentalisme-dawam-rahardjo.html
[12] Ishak Rafick. Catatan Hitam Lima Presiden Indonesia: Sebuah Investigasi 1997-2007, Mafia Ekonomi, dan Jalan Baru Membangun Indonesia. (Jakarta. Ufuk Publishing House. 2007). Hal. 91-92.
[13] “Ahok: Tahun Ini, Pemprov DKI Akan Gusur 325 Lokasi”, dimuat dalam Kini.co.id, 28 Juni 2016.
http://nasional.kini.co.id/2016/06/28/15835/ahok-tahun-ini-pemprov-dki-akan-gusur-325-lokasi.
[14] “Studi Kasus: Reklamasi Pantai Utara Jakarta”, dimuat dalam Radar Planologi, April 2016.
http://www.radarplanologi.com/2016/04/studi-kasus-reklamasi-pantai-utara-jakarta.html
[15] “Ditolak Nelayan, Reklamasi Teluk Jakarta Jalan Terus”, dimuat dalam BBC Indonesia, 14 September 2016.
http://www.bbc.com/indonesia/berita_indonesia/2016/09/160913_indonesia_reklamasi_jakarta_jalanterus


Sumber-sumber

Lenin, Vladimir. 1974. Collected Works Volume 25. Moscow: Progress Publisher.
Engels, Friederick. ____. Origin of The Family, Private Property, and The State. London: Alick West Published.
Rafick, Ishak. 2008. Catatan Hitam Lima Presiden Indonesia: Sebuah Investigasi 1997-2007, Mafia Ekonomi, dan Jalan Baru Membangun Indonesia. Jakarta: Ufuk Publishing House.
Tan, Jo Hann dan Roem Topatimasang. 2004. Mengorganisir Rakyat: Refleksi Pengalaman Pengorganisasian di Asia Tenggara. Jakarta: SEAPCP & Insist Press.

Saokani, Kukuh. 2016. 17 KK Korban Penggusuran Stasiun Bandung Tinggal di Bedeng. Dimuat dalam Liputan 6.
Diakses 20 November 2016.

Istiqomah, Zuli. 2016. KAI Bongkar Bangunan Ilegal di Stasiun Bandung. Dimuat dalam Republika.
Diakses 20 November 2016.

Lumbanrau, Raja Eben, 2016. Detik-detik Ribuan Aparat ‘Serbu’ Petani Majalengka. Dimuat dalam CNN Indonesia.
Diakses 20 November 2016.

Pratiwi, Gita. 2016. Ribuan Warga Sukamulya Duduki Lahan Tolak Pengukuran BIJB. Dimuat dalam Pikiran Rakyat.
Diakses 21 November 2016.

Affan, Heyder. 2016. Ditolak Nelayan, Reklamasi Teluk Jakarta ‘Jalan Terus’. Dimuat dalam BBC Indonesia.
Diakses 21 November 2016.

____. 2016. Walhi Sebut Pembangunan Infrastruktur Era Jokowi Mirip Soeharto. Dimuat dalam Harian Kompas.
Diakses 21 November 2016.

Rakisa. 2016. Ahok: Tahun Ini, Pemprov DKI Akan Gusur 325 Lokasi. Dimuat dalam Kini.co.id.
Diakses 21 November 2016.

____. 2016. Alamasan Reklamasi Merusak Lingkungan Tak Berdasar. Dimuat dalam Berita Satu.
Diakses 21 November 2016.

____. ____. Warga Sukamulya Menolak Pembangunan BIJB. Dimuat dalam situs Konsorsium Pembaruan Agraria.
Diakses 21 November 2016.

____. 2016. Studi Kasus:Reklamasi Pantai Utara Jakarta. Dimuat dalam Radar Planologi.
Diakses 21 November 2016.

Raharjo, Dawam. 2009. Developmentalisme. Dimuat dalam Infid News dan Harian Tempo.
Diakses 21 November 2016
Diakses 21 November 2016

-RoinAkbarSanAlvianHarianja-

Comments

  1. LuckyClub Casino Site 2021
    The Lucky Club Casino site is one of the most innovative and unique casino games in existence. It is a modern and high-quality casino that is ‎All reviews · ‎Casino · ‎Online luckyclub Since: 2017

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mutiara Hitam Juga Pernah Tidak Berharga: Fasisme Hilang, Muncul Kembali Rasisme

  “Saya termasuk yang merasa diri saya tidak rasis. Tapi, jujur sejujur-jujurnya, kadang terlontar juga sindiran ketika ada orang dari ras atau suku bangsa lain melakukan sesuatu yang sesuai dengan stereotipe ‘mereka’ “ – Azrul Ananda   Hakikatnya harga sebuah berlian dinilai dengan harga yang sangat-sangat tinggi, dengan harga yang bisa mencapa puluhan hingga ratusan juta. Pernahkah tersirat di benak kalian jika “Berlian Hitam” ini pernah tidak berharga di negri orang? Tentu saja kalian bingung dengan pertanyaan “Apa sih Berlian Hitam ini?”, baiklah, kita bahas si-“Berlian Hitam” ini.             Yang dimaksud dari Berlian Hitam disini adalah orang-orang yang pada dasarnya memiliki warna kulit yang lebih gelap dari kebanyakan orang-orang pada biasanya, biasanya orang-orang yang seperti ini disebut dengan orang Negro . Yang orang-orang ini adalah orang-orang yang dahulu pernah dibeda-bedakan Hak dan Martabatnya. Di Amerika, Ras ini biasanya disebut dengan Ras Afro-

Masuk dan Berkembangnya Musik Keroncong di Indonesia

Munculnya musik keroncong, walaupun merupakan pengaruh dari Portugis, namun perkembangannya ada pada masa VOC. Pada awalnya tujuan Portugis merupakan untuk menguasai Malaka yang merupakan bandar dagang di Asia Tenggara. Hasrat untuk menguasai dari sumber kekayannya membawa Portugis ke Nusantara. Adanya berbagai ras, suku bangsa dan kebudayaan yang ada di Indonesia terutama di Batavia, menjadi pendukung munculnya musik keroncongini. Musik keroncong tidak sepenuhnya merupakan musik orang Portugis, tetapi memiliki perpaduan antara musik barat dan musik timur. Itu artinya musik di Nusantara pada saat itu memiliki pengaruh dari perkembangan musik Keroncong. Titik pijak masuk dan berkembangnya musik keroncong ini adalah pada sekitar tahun 1620, kapal yang berisikan marinir Portugis adal goa (India) karam di utara Jakarta. Kemudian ditangkap orang-orang Belanda dan diberikan pilihan untuk berpindah keyakinan dari Katolik ke Protestan. Portugis yang setuju akan pilihan tersebut, akhirny